Solusi Kurikulum 2013 - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR Solusi Kurikulum 2013

Solusi Kurikulum 2013

Posted by Merta Irawan Selasa, 18 Desember 2012 0 komentar

Pilih mana memberatkan anak....

       Pergantian tahun hanya tinggal menghitung beberapa hari lagi. Sesuatu berbeda terjadi didunia pendidikan kita pada tahun yang baru ini (2013). Kebijakan kurikulum 2013 telah mulai membahana di beberapa wilayah di Indonesia. Pro dan kontra mengenai kebijakan kurikulum ini telah nampak dipermukaan. Pihak yang pro memandang, kurikulum 2013 merupakan upaya pemerintah mengembalikan karakter anak bangsa yang positif serta mempersiapkan SDM yang kompetitif dalam ajang internasional. Sedangkan pihak kontra terjadi karena mereka merasa dirugikan oleh kebijakan tersebut, misalnya jenjang SD adanya pengintegrasia IPA dan IPS ke dalam bahasa Indonesia, hilangnya mapel bahasa Jawa dan TIK pada jenjang SMP dan SMA serta lain-lainnya.
Penerapan uji publik kurikulum 2013 bisa dianggap cermin ketidaksiapan pemerintah penerapan kebijakan tersebut. Upaya tersebut usaha untuk mematangan kebijakan plus menilai gejolak terjadi di masyarakat akibat dampak negatifnya. Semakin besar gejolak terjadi di masyarakat maka semakin serius pemerintah untuk mengantisipasinya. Semakin kecil gejolaknya maka bisa dianggap kebijakan kurikulum 2013 mendekati sempurna.

Ia menilai sebaiknya ada pengurangan materi pelajaran bukan jam pelajaran yang berkurang atau bertambah. Kurikulum 2013 menurutnya hanya menjadikan guru sebagai objek bukan subjek.
"Pengembangan karakter dan budaya bangsa kepada peserta didik bisa diwujudkan melalui integrasi-interkoneksi pada mata pelajaran yang penekanannya pada keimanan dan akhlak mulia, pengamalan agama, pengamalan Pancasila, pemahaman NKRI, penanaman jiwa patriotisme dan kearifan lokal budaya Indonesia,"menurut Wakil Ketua Dewan Pendidikan DIY, Hary Dandy (www.beritasatu.com)



Pengurangan mapel keilmuaan di jenjang SD merupakan lompatan besar namun memperlambat asah otak peserta didik. Hal ini akibat penitik-beratan kurikulum 2013 terhadap penumbuhkan pendidikan karakter kebangsaan jenjang SD. Sebenarnya pembekalan pendidikan karakter itu baik apabila melibatkan semua pihak baik sekolah, orang tua, maupun masyarakat. Namun sekilas kurikulum 2013 ingin menjadikan jenjang SD sebagai wadah pembekalan pendidikan karakter kebangsaan. Kondisi ini sangat sesuai dengan perkembangan fisik dan psikis peserta didik pada waktu itu. Disisi lain kebijakan ini akan mengakibatkan kita tertinggal satu langkah terhadap Negara lain. Sebaiknya kebijakan kurikulum 2013 mampu mengcover kedua-dua, pembekalan karakter tetap menjadi focus utama dan IPA /IPS dikurangi porsi materinya dijenjang SD. Menghilangnya mapel bahasa Jawa dan TIK plus penambahan mapel pakarya seharus menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Pemerintah harus mengantisipasinya dengan serius bukannya menyerahkan jalan keluar ke pihak masing-masing institusi pendidikan. Misalnya pemutasian guru-guru TIK sesuai kompetensi masing-masing baik di jenjang structural, departemen ,TU. Dampak positif akan mengurangi beban pemerintah rekrutmen CPNS ICT dimasa mendatang. Penanganan serius pemerintah terhadap guru-guru bahasa Daerah dan mapel lainya dihilangkan supaya mereka masih berguna bagi nusa dan bangsa sampai akhir hayat nanti.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Solusi Kurikulum 2013
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2012/12/solusi-kurikulum-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.