LANDSCAPE (Keragaman Bentuk Muka Bumi) - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR LANDSCAPE (Keragaman Bentuk Muka Bumi)

LANDSCAPE (Keragaman Bentuk Muka Bumi)

Posted by Merta Irawan Senin, 05 Agustus 2013 0 komentar
Keragaman bentuk muka bumi
 Berdasarkan gambar disamping terdapat berbagai bentuk muka bumi berada di daratan. Bentuk muka bumi ini berjajar dari tempat paling tinggi sampai di daerah pesisir pantai atau laut.

Dari gambar diatas menunjukan bentuk-bentuk muka bumi dasar laut.

Bentuk muka bumi dasar laut diawali dari dangkalan dan diakhiri di ambang laut atau perbatasan samudera)

Terbentuknya muka bumi
Keragaman bentuk muka bumi diatas disebabkan oleh tenaga endogen (tenaga dari dalam dan tenaga eksogen berasal dari luar.
Tenaga endogen berupa gerak epirogenisa, gerak orogenisa dan seisme. Keberadaan tenaga ini telah mengakibatkan pergeseran lapisan batuan secara horisontal dan vertikal pada suatu wilayah.
Gerak epirogenisa adalah naik-turunnya permukaan bumi pada tempat yang luas dan waktu yang lama biasanya terjadi pada sebuah benua atau pulau-pulau.Berikut ini merupakan gambar epirogenisa negatif (naiknya daratan) dan epirogenisa positif (turunnya daratan)

Gerak orogenisa adalah naiknya permukaan bumi pada tempat yang sempit dan waktu yang cepat, contohnya terbentuk pegunungan lipatan (gambar A) atau patahan (gambar B).

Seisme adalah gempa atau getaran bumi yang dahsyat yang mampu menaikkan muka bumi.



Sedangkan tenaga eksogen misalnya pelapukan, erosi, sedimentasi dan masswasting.Tenaga eksogen ini mempunyai sifat destruktif atau merusak terhadap bentuk-bentuk muka bumi.


Pelapukan adalah penghancuran massa batuan yang terjadi secara mekanik (faktor temperatur atau curah hujan), kimiawi dan organik (faktor makhluk hidup).
Contoh Pelapukan Mekanik

Erosi adalah pengikisan massa batuan atau tanah yang disebabkan pergerakan air, angin, es dan gelombang laut.
Contoh Erosi Akibat Tenaga Air

Sedimentasi adalah proses pengendapan fragmen-fragmen tanah atau batuan yang memadat di suatu tempat.
Masswasting adalah gerakan massa batuan yang disebabkan pengaruh gaya gravitasi.

Dampaknya terhadap kehidupan manusia



Daftar Pustaka :
Legawa, I Wayan,…[et. al.].-- , 2008, Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: LANDSCAPE (Keragaman Bentuk Muka Bumi)
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2013/08/keragaman-bentuk-muka-bumi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.