Selamat Datang di MertaProject Tourisme & Handycraft

Minggu, 15 Mei 2011

APRESIASI
http://exoticjavas.blogspot.com/

Kalau kita melakukan perjalan di muka bumi, sering mata kita melihat keindahan alam seperti panorma pegunungan, lembah nan hijau, bukit nan asri dan fenomena lain di muka bumi. Kenyamanan di mata kita seharusnya menimbulkan rasa keingintahun kita tentang fenomena tersebut....darimana dan bagaimana fenomena itu ada serta bermulai....Semoga pembahasan berikut ini bisa mengungkap dan tersingkap secara jelas dan gamblang. 

 

EKSPLORASI
http://aditgeoholic.blogspot.com/2011/05/
sesar-grindulu-pacitan-dalam-status.html
Wisata alam merupakan kegiatan rekreasi menyenangkan. Menjelajahi really medan karst patahan, pendakian berbagai gunung adalah contoh wisata alam yang murah dan praktis. Disisi lain kegiatan terselip unsur pendidikan yang berharga, misalnya gambar sesar girindalu diatas bukan hanya seonggok batu tidak bernilai namun juga menyimpan potensi positif dan negatif di dalamnya..Kecenderungan potensi negatif berupa resiko gempa bumi dan tremor lebih signifikan daripada potensi positif sebagai penyimpan deposit hasil pertambangan.Kesuburan gunung merapi bukan pula tersedia dengan cuma-cuma tetapi juga diawali dengan resiko bencana merapi yang tidak sedikit memakan korban nyawa dan harta benda baik sekarang mapun pendahulunya.

ELABORASI
video
Pengertian patahan/sesar/fault, menurut wikipedia adalah rekahan yang mengalami geser-geseran yang jelas. pergeseran dapat berkisar dari beberapa milimeter sampai ratusan meter dan panjangnya dapat mencapai beberapa desimeter hingga ribuan meter. sesar dapat terjadi pada segala jenis batuan. akibat terjadinya pergeseran itu. Fenomena ini berkaitan  teori tektonik lempeng (Alfred L Wagener), tumbukan antar lempeng tektonik menimbulkan kekuatan dahsyat sehingga ikut tergesernya lapisan batuan secara vertikal dan lateral. Pergeseran vertikal lapisan batuan menghasilkan horst dan graben (slenk), bila terjadi secara harmonis menghasilkan block mountain .Sedangkan lapisan batuan begerak lateral berupa transformasi batuan seperti fleksur dan dekstral.

Area patahan mempunyai potensi menyimpan deposit barang tambang seperti minyak bumi (cepu), panas bumi (bengkulu) emas dan bijih besi (kerinci, jambi) bijih besi pertambangan  Disisi lain area ini juga mempunyai potensi resiko bencana gempa bumi, longsor dan banjir bandang.
Lipatan merupakan gerakan spontan permukaan bumi yang elastis menggelombang yang berasal dari tenaga tektonik di dalam bumi. Fenomena ini terjadi karena pergerakan lempeng convergen sehingga mempengaruhi infiltrasi magma ke permukaan bumi. Akumulasi magma terjadi akan menyebabkan pergerakan lapisan batuan semakin naik. Kemudian mengangkat lapisan sedimen permukaan bumi. Perbedaan akumulasi magma ini akan mempengaruhi pengangkatan muka bumi pada akhirnya menjadi bergelombang. Area lipatan batuan meliputi sinklinan (lembah, ngarai dan jurang) dan antiklinal (gunung, bukit dan plato). Area lembah mempunyai potensi tanahnya subur dan air tanah melimpah sehingga cocok sebagai lahan pertanian dan peternakan. Sedangkan area perbukitan selain tanah subur, air melimpah juga mempunyai temperatur lebih rendah. Ketiga faktor tadi mengindikasikan bahwa perbukitan berpotensi lahan perkebunan, pariwisata dan peristirahatan.

KONFIRMASI
  1. Fenomena patahan dan lipatan berasal dari tenaga tektonik dari dalam bumi.
  2. Patahan terbentuk pada lapisan batuan baik di muka bumi maupun dibawahnya sedangkan lipatan terjadi karena lapisan sedimen muka bumi yang terangkat keatas.
  3. Area patahan lebih beresiko bencana alam daripada area lipatan tetapi patahan lebih kaya SDA pertambangan daripada area lipatan

LATIHAN SOAL (Klik disini)

PEMBAHASAN LATIHAN SOAL 

    2 komentar:

    Translater

    English French German Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Popular Posts

    Text Widget