LAPISAN BUMI - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR LAPISAN BUMI

LAPISAN BUMI

Posted by Merta Irawan Minggu, 05 Juni 2011 0 komentar

APRESIASI

Bumi Sumber : abres.xtgem.com
Planet bumi  merupakan tempat yang mempunyai kehidupan sempurna di jagad raya. Mengapa sempurna ?  bumi terdiri aneka lapisan unsur yang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan di dalamnya. Menurut beberapa ahli, terbentuk bumi ini berasal dari tiga unsur utama yaitu unsur gas, unsur silisium dan unsur Nife. Kedua unsur terakhir inilah yang akan kamu pelajari pada kesempatan ini. Bagaimana karakteristik dan posisi kedua unsure pembentuk bumi? Seberapa besar pengaruh terhadap kehidupan di bumi ?  Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan di bawah ini.

EKSPLORSI

Apa yang kamu saksikan ketika pergi ke kota besar seperti Jakarta dan Surabaya? Ya disana-sini akan kamu temukan aneka bangunan bertingkat, berbagai jenis alat transportasi serta sarana-sarana hasil budaya manusia. Fenomena itu merupakan olah pemanfaatan sumber daya alam berasal dari dalam bumi. Misalnya kamu ambil contoh pasir, batu, semen, besi beton adalah bahan utama penyusun bangunan bertingkat. Sebagian besar penyusun alat transportasi merupakan berbagi jenis logam baik ringan dan berat. Energi fosil penggerak industri mayoritas dunia. Pembentukan barang tambang tersebut sebagian besar melalui proses panjang serta tersimpan di dalam bumi.Perhatikan daftar persebaran barang tambang di bawah ini.
http://eksplorasidunia.wordpress.com/2008/09/
 
Mengapa penduduk lereng Merapi menolak program transmigrasi lokal dari daerahnya ? karena tanah lereng Merapi mempunyai sifat menyuburkan bagi tumbuhan sehingga mampu meningkatkan sosial-ekonomi mereka.  Tanah sekitar gunung api merupakan tanah muda mengandung unsure mineral tinggi berasal dari dalam bumi. Berdasarkan pemaparan diatas, pasti pemahaman kamu tentang arti penting kandungan bumi semakin meningkat.

ELABORASI

Struktur bumi adalah tingkatan perlapisan penyusun bumi dari inti bumi sampai permukaan bumi. Simaklah animasi berikut :

 Menurut suess dan Wiechert struktur dalaman bumi  terbagi perlapisan sebagai berikut ini.
Suess Sumber : astrosafor.net
  1. Kerak bumi

    Lapisan ini mempunyai  ketebalan 30–70 km, terdiri atas batuan-batuan basa dan masam yang memiliki berat jenis kira-kira 2,7 gram/cm3. Bagian atas dan tengahnya disebut kerak benua dengan sebagian besar terdiri atas zat-zat silisium dan aluminium (SiAl), sedangkan bagian bawah disebut kerak samudra yang sebagian besar berupa zat-zat silisium dan magnesium (SiMa). Kerak benua memiliki ketebalan lebih besar dibandingkan dengan kerak samudra.
  2. Selubung Bumi

    Lapisan ini memiliki ketebalan kira-kira 1.200 km dan memiliki berat jenis 3,4–4 gram/cm3. (Kerak Bumi dan selubung Bumi ini merupakan lapisan litosfer)
  3. Chalkosfera

    Ketebalan lapisan ini kira-kira 1.700 km dengan berat jenis kira-kira 6,4 gram/cm3. Lapisan ini sebagian besar merupakan sisik oksida dan sulfida.
  4. Barisfera

    Lapisan ini memiliki jari-jari kira-kira 3.500 km dan terdiri atas inti luar dan inti dalam. Inti luar memiliki suhu hampir 2.200°C dan ketebalan lapisan kira-kira 2.000 km. Sedangkan pada bagian pusat inti dalam memiliki suhu mencapai 4.500°C
    Inti Bumi tersusun dari nikel dan besi sehingga disebut juga lapisan nife (niccolum = nikel dan ferrum = besi).

KONFIRMASI 

  1. Struktur bumi atau lapisan penyusun bumi memiliki karakteristik berbeda-beda serta berpengaruh besar terhadap pembentukan muka bumi berupa gunung api, pegunungan, lembah, sungai, danau, perairan laut, ataupun samudra.   

  2. Unsur utama  penyusun lapisan ini  adalah zat padat dan cair serta berpotensi tersimpan gas pula. Pada lapisan ini juga mengandung aneka mineral yang terbentuk secara alamiah di dalam bumi seperti minyak bumi, batubara, besi dan lain-lainnya 

LATIHAN SOAL

PEMBAHASAN LATIHAN SOAL

 






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: LAPISAN BUMI
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2011/06/wisata-bawah-bumi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.