SURGA TERSEMBUNYI ALA COLUMBUS - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR SURGA TERSEMBUNYI ALA COLUMBUS

SURGA TERSEMBUNYI ALA COLUMBUS

Posted by Merta Irawan Senin, 09 Mei 2011 0 komentar
#Paling Indonesia dan Tiada Duanya di Dunia @Telkomsel

Agak bangga juga saat mengikuti ajang lomba blog @ telkomsel # Paling Indonesia. Apalagi teringat syair seniman kontemporer kita, Ismail Marzuki yang memuat petikan :

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

….
Sering kita dengar dalam sejarah, bila Indonesia itu wilayah kaya penghasil rempah-rempah di dunia, maka kini perlu di garis bawahi. Sudah banyakkah bangsa eropa yang berlomba memperebutkan Indonesia hanya karena hasil bumi ala rempah-rempahnya?

Salah-satu. Bahkan ketika abad ke-14, sang Kristoforus Columbus (1492) mempunyai inspirasi mencari wilayah penghasil rempah-rempah di timur jauh melalui jalur barat. Suatu sumbangan berharga yang bermuara penemuan benua Amerika secara tak sengaja sebagai cerminan suatu penemuan besar yang terilhami rasa keingintahuan akan Indonesia.

Atas idea itu, tak heran, manusia sekelas marcopolo sebagai penjelajah samudera pertama mampu mengubah pandangan dunia tentang Indonesia. Keunikan satwa dan kekayaan hasil bumi terdengar hangat di berbagai penjuru dunia. Tak heran setiap jengkal tanah nenek moyang beserta isinya sering membuat ambisi bangsa eropa tuk menguasainya.

Ini tidak lain tidak bukan, berkat kesuburan tanah-air Indonesia yang mampu memenuhi tiga unsur dasar kebutuhan dunia pada waktu itu, berupa kelezatan masakan, bahan obat-obatan dan penghangat badan. Meskipun terkadang kepentingan mereka melebihi niat kehadirannya bagi mayoritas pribumi pada waktu itu. (bagi mereka hanya dianggap hanya  tantangan belaka)


Simpulkan bahwa kesuburan tanah-air kita bukan hanya  # paling Indonesia bagi perdagangan dunia saja tetapi juga mentransformasi dunia menuju penemuan harapan yang lebih besar lagi, tentunya dengan lebatnya hutan tropis  yang kaya akan biodiversity tumbuhan yang beraneka ragam di Indonesia merupakan awal pelopor konservasi bumi abad 21-an ini…..perlahan tapi pasti itu semua bukan mimpi, saudara-saudara sekalian.
Ada yang tahu di dunia yang memulai dengan langkah yang sama.

 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SURGA TERSEMBUNYI ALA COLUMBUS
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2011/05/surga-tersembunyi-ala-columbus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.