BP MIGAS dan Neo Kolonialisme - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR BP MIGAS dan Neo Kolonialisme

BP MIGAS dan Neo Kolonialisme

Posted by Merta Irawan Senin, 19 November 2012 0 komentar
Wakil Presiden Asosiasi Perminyakan Indonesian Sammy Hamzah menyatakan, banyak kontraktor yang hanya mengincar lisensi lahan wilayah eksplorasi namun tidak juga melaksanakan pengeboran. Ada juga yang tidak segera melakukan eksplorasi karena hanya ingin menawarkan kembali ke pihak lain. (www.tempo.co)

Posisi Indonesia berada di antara pertemuan tiga lempeng bumi yaitu lempeng Asia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik. Kondisi ini menciptakan letak geologis Indonesia yang strategis. Maka tidak aneh apabila wilayah Indonesia memiliki kekayaan sumberdaya alam mineral melimpah. Jangan heran kalau bangsa asing sangat mengincar kekayaan sumberdaya alam kita. Semenjak jaman kolonial sampai sekarang ternyata hal itu masih terjadi. Dahulu bangsa-bangsa eropa dengan terbuka mengeksploitasi SDA dalam bentuk kolonialisme. Berdasarkan penggalan diatas, ternyata hampir sebagian besar SDA mineral kita dinikmati oleh para investor asing. Padahal disisi lain, tidak berdampak besar terhadap kesejahteraan rakyat Indonesia. Dengan pertimbangan tersebut kemudian MK memutuskan membubarkan lembaga pelaksanannya.
Semoga kedepan pihak pemerintah lebih arif lagi dalam mengelola SDA kita. Kebijakan BP Migas selama ini diperkirakan tidak hanya bukan memberikan keuntungan namun secara tidak langsung merugikan rakyat Indonesia. Eksploitasi migas selama ini mungkin lebih menguntungkan investor dan stakeholder daripada kesejahteraan rakyat. Bisa jadi naik harga Migas selalu mencekik rakyat Indonesia karena minimnya kita menikmati hasil migas sendiri. Pembiaran permasalahan ini akan melahirkan paham neo-kolonialisme baru di Indonesia. Mereka yang berani menjual kekayaan negara dengan harga murah merupakan penghianat negara terselubung.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: BP MIGAS dan Neo Kolonialisme
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2012/11/wakil-presiden-asosiasi-perminyakan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.