JABATAN KEPALA SEKOLAH ERA SERTIFIKASI GURU - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR JABATAN KEPALA SEKOLAH ERA SERTIFIKASI GURU

JABATAN KEPALA SEKOLAH ERA SERTIFIKASI GURU

Posted by Merta Irawan Selasa, 04 Oktober 2011 0 komentar
Pada kesempatan ini kami akan mengulas sedikit mengenai prospek jabatan Kepala Sekolah di era sertifikasi guru dan dosen sekarang.
Jabatan kepala sekolah pra sertifikasi guru
Pada masa sebelum sertifikasi guru, jabatan kepala sekolah mempunyai prestise yang tinggi. Hampir sebagian besar guru menganggap jabatan tersebut sebagai puncak karir dalam dunia pendidikan. Apalagi pada waktu itu tunjangan jabatan sekolah masih mempunyai nilai lumayan. Meskipun tupoksi jabatan kepala sekolah sangat berat namun masih banyak para guru yang berlomba-lomba untuk menggapainya
Jabatan kepala sekolah era sertifikasi guru
Era sertifikasi guru-dosen, banyak kalangan pendidik yang meningkat kesejahteraan secara cepat. Mayorits pendidik hanyaberupaya agar mereka memenuhi persyaratan sebagai guru profesional. Salah-satunya dengan mengajar tatap-muka di depan kelas selama 24 jam /minggu. Bagi mereka memenuhi persyaratan maka akan mendapatkan tunjangan profesional yang sebesar 1 x gajinya per bulan. Kondisi ini yang membuat para guru merasa nyaman dan sejahtera dalam melakukan tupoksinya. Disisi lain hampir sebagian besar kepala sekolah pada jenjang pendidikan memasuki masa pensiunan / tidak memenuhi persyaratan lagi. Kenyataan ini menuntut terjadinya rekrutmen jabatan kepsek secara besar-besaran. Jabatan kepsek secara materil tidak berubah tetapi jabatan guru berubah dengan sisi mateerilnya. Memang jabatan kepsek secara otomatis mendapatkan tunjangan profesi namun posisi ini maksimal selama 2 periode saja ( kalau kinerja bagus). Bagaimana setelah itu ? Apabila mereka menjadi guru lagi maka peluang mendapatkan 24 jam/minggu sangat kecil. Apalagi peran kepsek yang tupoksi lebih besar daripada guru. Prediksi inilah yang membuat guru mengajar 24 jam nyaman pada posisinya daripada menjabat kepsek yang bersifat sementara saja. Dengan 24 jam para guru bisa menikmati kesejahteraan lebih lama, kalau pasca-kepsek peluang lebih kecil untuk mendapatkan tunjangan profesi.  

Simpulan dan saran
Semoga saja prediksi dan analisis di atas tidak benar-benar terjadi di lingkungan pendidik. Tetapi tidak ada salahnya kita belajar dan berupaya mengatasi dari kemungkinan terburuk. Semoga masih ada calon-calon kepsek yang berhati mulia, lepas dari kepentingan materil dunia dan kerja mereka adalah ibadah...itulah yang dibutuhkan sekarang...
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: JABATAN KEPALA SEKOLAH ERA SERTIFIKASI GURU
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2011/10/kepala-sekolah-era-sertifikasi-guru.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.