KLAIM BUDAYA ATAUKAH TERLUPAKAN - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR KLAIM BUDAYA ATAUKAH TERLUPAKAN

KLAIM BUDAYA ATAUKAH TERLUPAKAN

Posted by Merta Irawan Kamis, 26 Juli 2012 1 komentar
Berdasarkan cacatan, sepanjang 2007-2012, Malaysia telah tujuh kali mengklaim budaya Indonesia sebagai  warisan budaya mereka. Di antara yang diklaim adalah reog Ponorogo, lagu Rasa Sayange, tari pendet, angklung, batik, tari Tor-Tor, dan Gondong Sambilan. (JP, 22/6/2012 dari Okezone News).
Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika " dalam dasar negara mempunyai nilai fundamental bagi bangsa kita. Semenjak jaman kekuasaan majapahit bangsa kita sudah memiliki kekayaan alam dan budaya melimpah-ruah. Oleh karena itu pada abad ke-17 bangsa eropa berlomba-lomba berhasrat menguasai bumi nusantara. Mereka datang dengan tiga tujuan yaitu gold (rempah-rempah), gospel (menyebarkan agama nasrani) dan glory (kejayaan)

Dari kenyataan diatas, jangan heran banyak bangsa dan negara asing melirik ke bangsa Indonesia hingga sampai sekarang. Beberapa budaya kita diklaim oleh Malasyia bisa diklik disini
Fenomena ini merupakan pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia. Janganlah sekali-kali melupakan budaya kita sebagai jati diri bangsa. Sebagai negara berdaulat sudah seharusnya budaya kita bela sampai titik darah penghabisan. Pembiaran hal itu akan menghilangkan kekayaan budaya bangsa dan berhasilnya klaim negara lain.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KLAIM BUDAYA ATAUKAH TERLUPAKAN
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2012/07/berdasarkan-cacatan-sepanjang-2007-2012.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

boomberita mengatakan...

mari kita lestarikan kebudayaan indonesia.

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.