SURIAH DIANTARA PILIHAN...... - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR SURIAH DIANTARA PILIHAN......

SURIAH DIANTARA PILIHAN......

Posted by Merta Irawan Senin, 05 Maret 2012 0 komentar
         Keadaan benar-benar membuat frustrasi. Barat dan Liga Arab ingin menekan rezim Suriah, tetapi China dan Rusia menolak pergantian rezim di Suriah secara ilegal. Berbagai tekanan dunia juga tidak mudah menjatuhkan Suriah. (http://internasional.kompas.com/read/2012/02/25/0732479/Dunia.Frustrasi.Hadapi.Suriah)

          Fenomena Perang Saudara Suriah merupakan skenario lama ala barat dan timur. Peristiwa Iraq terulang kembali namun tidak sesempurna waktu itu. Ambisi barat untuk meruntuhkan kedaulatan suriah yang sah terhalang oleh pihak timur yang mendukung pemerintahan presiden bashar al assad. Perang Iraq antara barat dan rezim saddam husein banyak menewaskan warga sipil Iraq. Apalagi Perang saudara suriah yang kemungkinan berlangsung lebih lama karena menjadi medan ambisi barat dan timur. Kemungkinan korban warga sipil juga semakin besar daripada perang Iraq.
          Intervensi asing dan keras kepala pihak bertikai di Suriah telah menghancurkan peradaban mereka sendiri. Sebenarnya pangkal permasalahan hanya pada perbedaan pendapat antara kubu oposisi dan pemerintah. Ambisi mereka telah menyebabkan disintegrasi bangsa dan menyengsarakan warga sipil. 
Padahal bagi mereka hanya punya 3 pilihan serta konsekuensinya.
  1. Jika rezim pemerintah menang kemungkinan membutuhkan waktu lama, korban warga sipil dan kubu oposisi akan semakin besar.
  2. jika kubu oposisi menang kemungkinan lebih cepat waktu daripada poin 1 serta korban warga sipil tidak sebesar poin 1.
  3. Jika mereka menginginkan perang lebih cepat selesai daripada poin1 dan 2 serta korban warga sipil lebih sedikit dibandingkan poin 1 dan 2 seharusnya mereka memakai win-win solution, pihak bertikai harus duduk bersama mengurangi ambisi masing-masing biar tidak mudah terpengaruh intervensi asing.

Simpulan Sebenarnya kalau pihak bertikai di Suriah pandai mereka pasti bisa belajar dari Libya, Iraq dan Mesir.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SURIAH DIANTARA PILIHAN......
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2012/03/suriah-diantara-pilihan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.