PENDIDIKAN UNTUK SEMUA (RSBI IMPIAN BERSAMA) - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR PENDIDIKAN UNTUK SEMUA (RSBI IMPIAN BERSAMA)

PENDIDIKAN UNTUK SEMUA (RSBI IMPIAN BERSAMA)

Posted by MERTA IRAWAN, S.Pd, M.Kom Rabu, 14 Desember 2011 0 comments



Gimana perasaan kita, andaikan kita menjadi mereka. Berusaha memperbaiki nasibnya namun terkendala regulasi pendidikan yang timpang tindih. RSBI yang notabene sekolah terfavorit di Indonesia hanya terbatas orang-orang tertentu terutama masyarakat ekonomi menengah atas.Alangkah baiknya kita renungkan bersama sesuai tujuan pendidikan Indonesia sebenarnya.


"Tidak penting namanya apa, internasional atau nasional. Masyarakat inginnya institusi pendidikan berkualitas. Jangan pakai nama internasional kalau jiwanya belum internasional," kata Nuh seusai pembukaan "Rembuk Nasional Pendidikan Tahun 2011" di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Rabu

Ungkapan Bapak Menteri Pendidikan mempunyai makna yang sangat berarti. Mayoritas RSBI secara hitung-hitungan diatas kertas memang memenuhi persyaratan namun secara kualitas belum memenuhi harapan yang diinginkan.Meskipun secara finansial lebih besar tetapi dari sisi profesional pelayanan berbasis internasional belum memadai. Hal inilah yang membuat sebagian orang pesimis terhadap keberadaan RSBI. Apalagi terkait isu tingginya dana pengembangan institusi RSBI yang mana sangat memberatkan calon-calon siswa yang kategori ekonomi menengah. Padahal yang namanya pendidikan yang berkualitas adalah hak seluruh warga negara, inilah yang perlu kita kaji kembali. Apabila dibiarkan yang kaya akan semakin kaya karena intelektual sedangkan yang miskin tidak akan bisa memperbaiki nasibnya.
Disisi lain keberadaan RSBI merupakan upaya pemerintah mengantisipasi persaingan di era globalisasi. Pada masa itu negara yang mempunyai SDM yang unggul yang akan berjaya di dunia. Kalau sekarang persaingan SDM hanya lingkup nasional tetapi pada waktu tersebut persaingan SDM skala Internasional. Oleh karena itu wacana penghapusan RSBI akan menurunkan kualitas SDM kita pada era pasar bebas nanti.
Dari fakta diatas yang perlu kita garis bawahi adalah existensi RSBI bersifat mutlak hanya saja perlu perbaikan MBS yang memihak ke seluruh warga negara Indonesia.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PENDIDIKAN UNTUK SEMUA (RSBI IMPIAN BERSAMA)
Ditulis oleh MERTA IRAWAN, S.Pd, M.Kom
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2011/12/pendidikan-untuk-semua-rsbi-impian.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.