3 Mimpi Indah dari Kurikulum 2013 - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR 3 Mimpi Indah dari Kurikulum 2013

3 Mimpi Indah dari Kurikulum 2013

Posted by Merta Irawan Rabu, 30 Juli 2014 0 komentar
Jika anak anda mengalami kejenuhan di sekolah, maka penerapan kurikulum 2013 diharapkan mampu mengubah keadaan. Ada 3 kelebihan dalam penerapan kurikulum 2013, yaitu mampu meningkatkan gairah belajar, menitik-beratkan pada 4 aspek dan mengembangkan sikap kreativitas dan percaya diri peserta didik.
Siswa Berkreativitas

Kurukulum 2013 merupakan kurikulum bersifat student center. PBM menitik-beratkan pada keaktifan siswa. Dengan melibatkan secara penuh diharapkan mampu mengembangkan aktualisasi dan percaya diri pada anak. Akhirnya si anak didik akan mempunyai gairah belajar yang tinggi di kelas.
Kecenderungan kurikulum yang berbasis pengetahuan, ternyata berdampak semakin rendahnya moralitas generasi penerus. Oleh karena itu dibutuhkan sistem kurikulum baru yang berprinsip merata di semua nilai, baik pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Kurikulum 2013 merupakan terobosan pemerintah untuk menyelamatkan masa depan generasi penerus bangsa di masa depan. Selain itu juga diharapkan melahirkan generasi emas pada periode puncak demografi Indonesia.
Teacher centre pada akhirnya hanya menimbulkan kepasifan si anak didik. Kondisi ini akan menghambat optimalisasi peran generasi muda dimasa depan. Mereka cenderung menunggu bola daripada mencari bola. Akibatnya lebih banyak yang mencari kerja daripada menciptakan pekerjaan sendiri. Daya kreativitas dan percaya diri mereka sangat rendah sehingga ditakutkan akan menjadi beban di kemudian hari. Dengan kurikulum 2013, diharuskan mampu membentuk daya kreativitas siswa dengan kemampuan sendiri namun dengan bantuan para guru. Generasi muda yang kreatif dan percaya diri merupakan aset bangsa berharga di masa mendatang dalam memenangkan kompetisi antar bangsa di lingkup Internasional.
Dari 3 kelebihan diatas bisa disimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 sangat urgent demi kepentingan masa depan generasi muda dan bangsa Indonesia di kemudian hari. Di sini sebagai pendidik, saya pribadi sangat antusias dengan penerapan kurikulum 2013 dan semoga dalam penerapannya (adminitrasi ) bukan malah membebani tugas pendidik di setiap harinya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 3 Mimpi Indah dari Kurikulum 2013
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2014/07/3-mimpi-indah-dari-kurikulum-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.