Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi - BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

Posted by Merta Irawan Minggu, 18 Agustus 2013 0 komentar


A.     Tindakan ekonomi
Manusia mempunyai kebutuhan hidup yang banyak dan beraneragam. Disisi lain sumber-sumber pemenuhan kebutuhan jumlah sangat terbatas.Oleh karena itu timbul yang namanya kegiatan ekonomi meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan menghasilkan barang atau jasa maupun membelanjakan
untuk mencukupi kebutuhan hidup ini disebut dengan “ Tindakan ekonomi”.
No
Contoh Tindakan Ekonomi
1
Dokter praktek yang mengobati pasien sehingga mendapatkan tambahan penghasilan (produksi jasa)
2
Peternak yang menjual kambing pada hari Idul Adha sehingga mendapatkan keuntungan berlipat ganda (produksi barang)
3
Petani yang membelanjakan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan persiapan musim tanam kembali (kosumsi barang)
4
Dealer motor yang mendapatkan keuntungan dari jasa menjajakan dan menjualkan motor kepada konsumen (distributor jasa dan barang)
5
Seorang guru yang mengajar anak didik di sekolah (produksi jasa). Setiap tanggal 1 mendapatkan penghasilan yang digunakan membeli lauk-pauk di pasar (kosumsi barang). Selanjutnya pedagang pasar itu membelanjakan sebagian penghasilan untuk kulakan kembali dan membayarkan uang les anak-anaknya (kosumsi barang dan jasa).

B.    Motif ekonomi
Seseorang yang melakukan tindakan ekonomi selalu disertai dengan berbagai alasan. Faktor penyebab atau alasan manusia inilah disebut dengan motif. Dalam tindakan ekonomi terdapat dua motif yang mendorong yaitu motif ekonomi dan motif non-ekonomi. Motif ekonomi didasarkan pada upaya manusia mencari keuntungan atau penghasilan. Sedangkan motif non-ekonomi yang bukan berdasarkan upaya mencari keuntungan materil semata.
Contoh
Motif Ekonomi
Motif Non-Ekonomi
1.    Pak Doel memiliki usaha bengkel mobil yang besar dan maju di kotanya.
(2)   Joel anak laki-laki merupakan tamatan tehnik mesin yang membantu dibengkel untuk memperoleh pengalaman kerja sebenarnya.
(3)   Selain itu pak Doel juga melibatkan tetangga-tetangga mahir mesin untuk dipekerjakan di bengkelnya.


(1)  Pak Doel memiliki usaha bengkel mobil yang besar dan maju di kotanya dengan motif utama mencari keuntungan dan penghasilan yang besar

(2)  Joel anak laki-laki merupakan tamatan tehnik mesin yang membantu dibengkel untuk memperoleh pengalaman kerja sebenarnya dengan motif untuk mendukung keahlian anaknya.
(3)  Selain itu pak Doel juga melibatkan tetangga-tetangga mahir mesin untuk dipekerjakan di bengkelnya dengan motif untuk membantu tetangga-tetangga di sekitarnya

C.    Prinsip ekonomi
Tindakan ekonomi akan mendapatkan hasil yang maksimal jika dilakukan secara efektif dan efisien. Proses efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan ekonomi ini disebut dengan prinsip ekonomi. Kegiatan ekonomi yang berlandaskan prinsip ekonomi akan mendatangkan manfaat dan keuntungan yang sebesar-besarnya. Ibaratnya dengan pengorbanan sekecil-kecilnya akan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Seseorang yang mempunyai prinsip ekonomi sangat berhati-hati, matang, hemat, cermat dan penuh perhitungan serta pertimbangan dalam melakukan tindakan ekonomi seperti dibawah ini.
Kegiatan Ekonomi
Prinsip Ekonomi
Produsen
Pak Burhan adalah seorang tukang mebel yang memiliki bambu sebanyak 1 m3 untuk dibuat mebel. Biasanya, bambu 1 m3 itu bisa dibuat menjadi 8 buah almari dengan harga jual Rp 600.000,-/buah, 5 buah meja tulis dengan harga jual Rp 400.000,-/buah, dan 5 buah kursi dengan harga jual Rp 100.000,-/buah. Dengan prinsip ekonomi, Pak Burhan menggarap kayunya secara cermat dan hati-hati, sehingga tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan pemborosan bambu dan bahan-bahan lainnya. Akhirnya, ia dapat mencapai target hasil tersebut di atas yang nilai jual totalnya adalah Rp 7.300.000,-. Bahkan ia masih bisa memanfaatkan bambu limbahnya untuk membuat 10 asbak yang nilai jualnya Rp 50.000,-. Dengan demikian, ia telah menerapkan prinsip ekonomi dengan benar karena dengan biaya yang sama dari biasanya ia mendapatkan hasil produksi yang maksimal dengan total nilai Rp 7.350.000,-. Seandainya, ia tidak bekerja secara cermat dan hati-hati mungkin pendapatan yang diperolehnya tidak akan sebesar itu karena hasil produksinya tidak seperti yang ditargetkan
Konsumen
Bahtiar sedang berada di pusat pertokoan yang menggelar diskon 20%. Ia menemukan sepasang sepatu sport seharga Rp 95.200 (setelah diskon). Di rak yang lain, ia juga melihat ada sepatu kasual yang ia inginkan selama ini, sayangnya merk ini tidak didiskon dan harganya Rp 229.000,- Ia mempertimbangkan, sepatu yang kedua memang lebih bagus tapi ia harus merogoh sakunya lebih besar pula. Sepatu yang pertama memang tidak sebagus yang kedua, namun ada kesempatan menghemat uang sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain. Belum tentu lain kali ada kesempatan diskon lagi. Selain itu Bachtiar menyadari bahwa yang ia butuhkan saat ini adalah sepatu sport untuk ke sekolah. Akhirnya Bachtiar memutuskan untuk membeli sepatu yang pertama.
Distributor
Toko ULYA adalah distributor barang-barang elektronik. Beberapa hal yang dilakukan oleh Toko ULYA dalam melaksanakan tindakan ekonominya adalah
a. Memilih lokasi toko yang dekat dengan konsumen
b. Menggunakan colt station untuk menyampaikan barang di dalam kota dan menyewa truk untuk daerah yang berjarak jauh
c. Mengikuti asuransi untuk mengurangi resiko kerusakan barang selama perjalanan
d. Menekan biaya operasional seperti biaya angkutan, biaya perawatan, dan biaya administrasi



Daftar Pustaka :
Legawa, I Wayan,…[et. al.].-- , 2008, Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi
Ditulis oleh Merta Irawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.mertaproject.com/2013/08/tindakan-motif-dan-prinsip-ekonomi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of BELAJAR BERSAMA CAH TINGKIR.